Jumat, 10 Mei 2013

BELAJAR 3DS ITU MUDAH... !!

3ds Max adalah sebuah program aplikasi untuk merancang suatu model objek 3D dan juga animasinya. Nah sekarang siapa bilang belajar 3Ds MAX itu susah?? Mudah kok... tinggal ada niatan buat mempelajari dan ngembanginnya sendiri gan. Selain itu, sering sering download atau streaming tutorial yang mudah juga bisa kok buat mengasah kemampuan dan pemahaman mengenai 3Ds MAX.

Berikut gw kasi penjelasan singkat deh tentang user interface dan menu toolbar yang ada di 3Ds MAX.




Antarmuka (Interface) 3ds Max10

Tampilan layar 3ds max10

a.  Main toolbar: toolbar yang berisi fungsi-fungsi 3ds max 10 secara umum dan sering dipergunakan, seperti select, move, rotate, scale, dan lain-lain.
b.  Viewport: area kerja Anda melakukan pemodelan dan pengeditan objek. Viewport sendiri terdiri dari 4 layar: Top, Front, Left, dan Perspective.
c.  Time slider: penunjuk frame aktif saat ini. Time slider ini dipergunakan untuk animasi.
d.  Time control: sekelompok toolbar yang berfungsi untuk mengatur dan membuat animasi.
e. Viewport navigation control: sekelompok toolbar yang berfungsi untuk mengatur tampilan viewport.
f.  Command panel: panel untuk mengakses secara cepat fungsi-fungsi 3ds max, seperti pembuatan objek, modifikasi objek, gerakan objek (motion), dll.
g. Object categories: hanya ada dalam tab Create. Object categories berfungsi mengelompokkan objek berdasarkan jenisnya. Anda dapat membuat objek dengan memilih detail objek dari jenisnya.
h.  Command panel rollout: rincian detail setting dari setiap fungsi yang ada pada setiap objek.
Objek Geometry
Objek geometry adalah objek dasar 3D dalam 3ds max yang terdiri dari beberapa jenis. Dua diantaranya:
  1. Standard primitives, yaitu Box, Sphere, Cylinder, Torus, Teapot, Cone, GeoSphere, Tube, Pyramid, dan Plane.
  2. Extended primitives, yaitu Hedra, ChamferBox, OilTank, Spindle, Gengon, RingWave, Prism, TorusKnot, ChamferCyl, Capsule, L-Ext, C-Ext, dan Hose.
Membuat objek Box
Sebagai contoh, mari buat object Box dengan ukuran 120 x 80 x 30.
Box ukuran 120 x 80 x 30
1.  Buka program 3ds max 9
2.  Perhatikan gambar klik objek box di bawah ini. Anda klik tab Create, setelah itu pastikan tombol Geometry aktif. Dalam rollout Object Type, Anda klik tombol Box.

klik objek Box
3.  Perhatikan gambar posisi klik membuat objek box secara langsung di bawah ini. Pada layar viewport Top, Anda klik pada posisi P1, setelah itu drag (tahan klik kiri dan geser) ke posisi P2. Terakhir klik pada posisi P3.

posisi klik membuat objek box secara langsung
4.  Objek box telah berhasil dibuat, tetapi ukurannya tidak sesuai yang diinginkan. Untuk itu Anda perlu memodifikasi ukurannya. Perhatikan gambar klik tab Modify di bawah ini. Anda klik tab Modify.

klik tab Modify
5.  Perhatikan gambar mengubah ukuran objek box di bawah ini. Dalam rollout Parameters, Anda ubah nilai Length = 120, Width = 80, dan Height = 30.

mengubah ukuran objek box
6.  Perhatikan gambar klik Zoom Extents All di bawah ini. Pada sudut kanan bawah layar Anda klik tombol Zoom Extents All untuk men-zoom seluruh viewport agar terlihat jelas.

klik Zoom Extents All
Objek Shape
Objek shape adalah objek dasar 2D yang dapat berbentuk garis, lingkaran, teks, kurva, dan bentuk lainnya.
Kegunaan dari objek shape, bisa sebagai objek dasar membentuk objek 3D, maupun sebagai garis alur animasi.
Terdapat 11 objek shape dalam 3ds max ini, yaitu Line, Circle, Arc, NGon, Text, Section, Rectangle, Ellipse, Donut, Star, dan Helix.
Membuat objek Arc
Contoh berikut ini, Anda akan membuat sebuah objek Arc dengan radius: 50, from: 235, to: 200.
Arc
1.  Reset untuk memulai membuat objek baru. Klik menu File –> Reset. Akan tampil kotak dialog yang meminta Anda untuk menyimpan hasil pekerjaan, Klik No jika tidak ingin disimpan. Setelah itu tampil kotak dialog yang menanyakan apakah Anda benar-benar ingin me-reset, klik Yes.
2.  Perhatikan gambar klik tombol Arc di bawah ini. Anda klik tab Create, setelah itu klik tombol Shapes. Dalam rollout Object Type, Anda klik tombol Arc.
klik tombol Arc
3.  Perhatikan gambar posisi klik membuat objek Arc di bawah ini. Pada layar viewport Top, Anda klik pada posisi P1, setelah itu drag ke posisi P2.
posisi klik membuat objek Arc
4.  Klik tab Modify. Perhatikan gambar mengubah ukuran objek Arc di bawah ini. dalam command panel rollout Parameters, ubah nilai Radius = 50, From = 235, dan To = 200.
mengubah ukuran objek Arc
Memindahkan objek
Anda dapat memindahkan posisi objek dengan menggunakan tombol Select and Move.
a.   Memindahkan langsung
Contoh berikut ini memindahkan objek Pyramid ke arah kanan secara langsung.
1.  Lakukan reset jika masih ada objek pada layar, klik menu File –> Reset
2.  Anda klik tab Create, setelah itu pastikan tombol Geometry aktif. Dalam rollout Object Type, Anda klik tombol Pyramid.
3.  Perhatikan gambar posisi klik membuat objek pyramid di bawah ini. Pada layar viewport Top, Anda klik pada posisi P1, setelah itu drag ke posisi P2, terakhir klik pada posisi P3.
posisi klik membuat objek pyramid
4.  Perhatikan gambar mengubah ukuran objek pyramid. Dalam command panel rollout Parameter secara langsung, Anda ubah nilai Width=100, Depth=120, dan Height=50.
mengubah ukuran objek pyramid
5.  Perhatikan gambar klik tombol Select and Move di bawah ini. Dalam main toolbar, Anda klik toolbar Select and Move.
klik tombol Select and Move
6.  Perhatikan gambar posisi memindahkan objek pyramid ke arah kanan di bawah ini. Secara langsung Anda klik pada posisi P1, lalu drag ke posisi P2.
posisi memindahkan objek pyramid ke arah kanan
Catatan: ketika Anda mengaktifkan tombol Select and Move, maka akan tampil transform gizmo pada objek terpilih, di mana bentuk transform gizmo adalah panah koordinat X, Y, dan Z. anda mendekatkan pointer mouse pada salah satu sumbu koordinat, misal X, maka pergerakan pemindahan objek hanya pada bidang X saja. Jika Anda mendekatkan pointer mouse dan mengklik pada posisi garis sudut siku, maka arah pemindahan akan dilakukan secara bebas.
hasil pemindahan objek pyramid ke arah kanan (mengikuti sumbu X)
b.   Memindahkan dengan Jarak
Melanjutkan contoh sebelumnya, Anda akan memindahkan objek pyramid ke kiri sejauh 150 dan ke bawah sejauh 50.
1.  Melanjutkan contoh sebelumnya.
2.  Dalam main toolbar, Anda klik toolbar Select and Move.
3.  Pilih objek pyramid secara langsung dengan mengkliknya.
4.  Kemudian tekan tombol F12 pada keyboard. Berikutnya tampil jendela Move Transform Type-In seperti pada gambar jendela Move Transform Type-In di bawah ini.
jendela Move Transform Type-In
5.  Perhatikan gambar di atas. Dalam grup Offset:World, baris X Anda ketik -150. Kemudian baris Y Anda ketik -50. (sebagai acuan, tanda – yang diketik pada baris X menunjukkan objek berpindah ke kiri, sedangkan tanda – pada baris Y menunjukkan objek berpindah ke bawah).
6.  Tutup jendela Move Transform Type-In dengan klik tombol X di sudut kanan atas atau tekan tombol Esc pada keyboard.
hasil Move Transform Type-In

0 komentar:

Posting Komentar